Mengenal Komponen Dasar pada Personal Branding
Tanggal Posting : Selasa, 28 Mei 2024 | 15:35
Liputan : Redaksi Softskillnakes.id - Dibaca : 149 Kali
Mengenal Komponen Dasar pada Personal Branding
Personal branding tersusun atas beberapa komponen dasar atau unsur yang membentuk keutuhannya.

softskillnakes.id- Personal Branding yang Melangit. Personal branding tersusun atas beberapa komponen dasar atau unsur yang membentuk keutuhannya. Dilansir dari serupa.id, menurut Wasesa (2018, hlm. 29-35) ada 4 elemen personal branding adalah sebagai berikut:

Kompetensi

Merupakan cara untuk mengelola kompetensi diri dengan tingkat disiplin, dan sedikit improvisasi sehingga dapat menciptakan perbedaan (diferensiasi diri).

Konektivitas

Merupakan cara untuk menghubungkan kompetensi yang dimiliki dengan dunia luar baik dalam lingkungan sekitar maupun lingkungan yang lebih luas. Konektivitas ini dapat dilakukan melalui publikasi, ataupun dengan koneksi yang minimalis.

Publisitas yang dimaksud yaitu dapat menyesuaikan dengan perbincangan yang ingin diciptakan oleh seseorang pada jurnal terbatas, media cetak konvensional, media sosial, dan media elektronik.

Pemenuhan

Merupakan cara yang menjadi alat ukur untuk melihat titik kekuatan atau kelemahan pada reputasi yang di dalamnya terdapat unsur integritas, kejujuran serta keterbukaan.

Kontribusi

Merupakan cara untuk mengukur reputasi yang dilihat dari reputasi kontribusi atau solusi yang telah diberikan dalam konteks ekonomi, sosial, dan budaya.

Sementara itu menurut Mcnally & Speak (dalam Haroen, 2014, hlm. 13) personal branding yang kuat pada umumnya memiliki tiga hal mendasar (unsur) sebagai berikut.

Kekhasan

Sebuah personal branding menjelaskan sesuatu secara khas sehingga menjadi kuat, dan berbeda dengan orang lain. Kekhasan yang dimaksud meliputi kualitas pribadi, penampilan fisik, maupun keahlian. Dasarnya, semua individu memiliki kekhasan yang unik dan spesifik sehingga hanya perlu menonjolkan kekhasan tersebut.

Relevansi

Menjelaskan sesuatu yang dianggap penting dan terdapat relevansi dengan karakter yang ingin dibangun oleh seseorang sehingga dapat menciptakan personal branding. Tujuannya adalah untuk menciptakan personal branding yang dapat diingat oleh orang lain.

Konsistensi

Dalam membangun personal branding yang kuat pada umumnya didasari dengan usaha branding yang konsisten sehingga dapat membentuk pribadi yang unggul.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2024. All Right Reserved. @coachkaryanto

Coach Karyanto Pionir Personal Branding Melangit  Link Media Sosial coachkaryanto.id: